Mencairkan JAMSOSTEK (BPJS Ketenagakerjaan )

Banyak yang tidak tahu kalau ternyata Jamsostek itu bisa di cairkan dananya . Dulu saya juga begitu . Berita yang saya terima simpang siur . Katanya kalau belum kerja 5 tahun belum bisa diambil lah.. prosesnya rumitlah .. dan lain sebagainya. Sedangkan saya , diperusahaan lama saya bekerja hanya 2 tahun , dan di perusaahaan baru 1 tahun . Itupun Kartu Jamsostek saya tidak disambung , artinya saya punya 2 kartu Jamsostek . Jadilah kedua kartu itu saya abaikan .

Beberapa bulan yang lalu , suami saya terkena PHK , sedangkan angsuran kredit rumah saya terus berjalan . Hal itu cukup berat bagi kami mengingat biaya angsuran itu tidak sedikit . Kamipun menunggak . Tidak bisa begini , rumah ini adalah impian kami . Suami saya berjuang sangat keras untuk akhirnya bisa mengambil kredit rumah ini . Sayapun putar otak , jualan snack ,menjahit ,dan berjualan pulsa belum mencukupi untuk menutupi angsuran rumah . Kemudian saya ingat masih memiliki kedua kartu jamsostek tersebut .

Meskipun ragu akhirnya saya mencoba mencari tahu cara mencairkannya . Membuka website resmi BPJS Ketenagakerjaan saya menemukan menu E-Klaim . Dimana saya bisa mencairkan dana JHT saya secara online .

Prosesnya sangat mudah dan kita tidak perlu antri terlalu lama

  1. Lakukan registrasi
  2. Setelah memasukkan data Ktp , No kartu jamsostek dan lain-lain maka kita akan mendapatkan email yang berisi pin aktivasi. gunakan itu untuk login
  3. Sebelum masuk menu e- Klaim ,Masuk ke menu Profil > Layanan >klik Aktif . Kita harus mengisi pin aktivasi yang akan dikirim ke nomor ponsel kita .
  4. Setelah aktif kita akan bisa mengecek saldo JHT kita .
  5. Jika kepesertaan kita sudah tidak aktif maka kita bisa melakukan klaim JHT .
  6. Masuk menu e-Klaim ,
  7. Isi data-datanya
  8. Kita juga harus mengupload dokumen-dokumen administrasi seperti KTP , Kartu Keluarga , halaman depan Buku Tabungan , Surat Pengalaman Kerja /Paklaring dan Kartu Jamsostek itu sendiri .
  9. Setelah selesai maka kita akan mendapat email dari BPJS Ketenagakerjaan yang berisi bahwa pengajuan klaim kita sedang di proses.
  10. Jika sudah diproses kita akan mendapat email dari e-klaim jawaban yang berisi Form F5 yang harus kita download ,print dan isi .
  11. Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan kita datang kekantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa formulir F5 ,Dokumen pendukung asli dan fotokopi .
  12. Di kantor BPJS dokumen kita akan diperiksa sesuai aslinya atau tidak . Jika ada kesalahan maka dokumen kita akan dikembalikan dan kita diberi form perbaikan .Kita harus memperbaiki kesalahan tersebut sesuai dimana kesalahan itu terjadi . Salah satu huruf saja tidak akan diterima karena ini berurusan dengan uang yang lumayan banyak. Seperti contoh , saya ada kesalahan di dua tempat , pertama nama ibu kandung saya Sanesti ,di kartu keluarga nama ibu kandung saya menjadi Sanasti kemudian di Paklaring menjadi Saniesti . Jadi saya harus meminta surat keterangan di kelurahan dan di perusahaan tempat saya bekerja dulu .
  13. Kemudian kita bawa lagi ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan . Jika semua dokumen dan perbaikan clear dan diterima kita akan mendapatkan cap Sesuai Dengan Aslinya dan kuitansi .
  14. Selesai . Kita tinggal menunggu uang kita masuk rekening . Paling cepat 1 minggu kalau tidak salah . Rekening saya menggendut di hari ke-8 .

 

Lancar dan tidak dipungut biaya . BPJS Ketenagakerjaan bekerja cepat dan profesional . Puji Tuhan dapat menyelamatkan surga kecil kami . Terima kasih .

 

Tinggalkan Balasan