AYAM BAWANG

Bingung mau masak apa..
Suami pulang lebih cepat dari biasanya. Sebenarnya males masak, tapi kalau beli masakannya itu-itu juga, bosan ah..
Ayam sudah di keluarkanĀ dari freezer, tinggal di olah..

Me: “Nyayur terong saja ya Bang..”
Hubby: “Ya..”
Me: Buka kulkas,mikir..
“Eh, nyayur oyong saja ya Bang yang cepet.”
Hubby: “Ya..”

Aku buka kulkas lagi.. Ke dapur bawa kentang sama buncis dan juga petai, mikir mau di tumis..
Kupas-kupas bawang, rencana mau ungkep ayam.

Akhirnya..
Kupas bawang putih banyak-banyak. Kepikiran coba bikin Ayam Goreng Bawang Putih.
Kayaknya enak nih .. Suamiku sukaaa banget sama masakan yang banyak bawangnya.
Ambil handphone lalu browsing sambil kupas-kupas bawang putih.
Dapat !
Resepnya sih sederhana, berhubung lagi malas tingkat dewa, jadi di modifikasi suka-suka šŸ˜‰

Ayam Bawang

Bahan:

1/2 kg ayam ( diresep asli pakai 1ekor ayam kampung, tapi aku pakai seadanya di kulkas, ayam negri.)
2 bungkul bawang putih, geprak, jangan sampai hancur.
minyak yang banyak untuk menggoreng.

Bumbu yang dihaluskan:

8 siung bawang putih
3 siung bawang merah
2 sdt ketumbar
1 ruas jahe
1 ruas kunyit

Bahan lainnya:

1 sdt maizena
garam secukupnya
di resep asli menggunakan baking soda dan saus tiram, aku nggak pakai keduanya. Saus tiram, karena lagi nggak ingin ayamnya terasa manis.

Cara Membuat:

  1. Campur bumbu halus, ayam, maizena, garam dan juga bawang putih geprak.
  2. Aduk dengan tangan, remas-remas agar bumbu meresap (bila perlu sambil di pukul-pukul).
  3. Panaskan minyak,Ā goreng sampai ayam terendam dan ayam menjadi coklat keemasan.Jangan khawatir, bawangnya nggak akan gosong kok..
  4. Angkat, tiriskan.
  5. Taruh di atas piring dan sajikan selagi panas.
Oya aku sajikan ini denganĀ nasi hangat,Ā kentang goreng dan buncis rebus.. yumm..
Lho, tadi yang ditawarin apa yang keluar apa.. hihi..
Suami dan anakku makan dengan lahap. Bahkan suamiku yang biasanya kalau makan ayam paling cuma habis sepotong walau di sajikan berapa pun, kali ini nambah . Kebayang kan sedapnya..
Resep asli silahkan klik disini